Kapal Cepat ‘Datu Seran’ Segera Beroperasi - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Sabtu, 20 Agustus 2016

Kapal Cepat ‘Datu Seran’ Segera Beroperasi


Sumbawa Barat (Sumbawa Kini) – Keinginan Pemda Sumbawa Barat untuk segera dioperasikannya kapal cepat MV. Datu Seran akhirnya terwujud. Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaefuddin, memastikan kapal cepat tersebut akan mulai beroperasi dalam tahun 2016 ini setelah terbitnya rekomendasi dari Bupati Sumbawa Barat Nomor : 552/004/Dishubkominfo/2016, ijin sandar dari Kepala UPTD Pelabuhan Senggigi Lombok Barat Nomor : 045.2/2016 dan ijin sandar dari Kepala UPP Labuhan Haji Lombok Timur Nomor : 552.3/72/UPP/VII/2016.
“Rekomendasi Bupati Sumbawa Barat dan ijin sandar dari pengelola pelabuhan Labuhan Haji dan Pelabuhan Sengigi merupakan salah satu syarat untuk operasional MV Datu Seran. Alhamdulilah,” ujar Wabup, kepada Sumbawa Kini, minggu.
MV Datu Seran, merupakan kapal cepat yang akan melayani rute pelayaran, Pelabuhan Lalar (Sumbawa Barat) – Labuhan Haji (Lombok Timur) – Senggigi (Lombok Barat) dan rute Labuhan Calabai (Dompu) – Labuhan Badas (Sumbawa) – Pelabuhan Senggigi (Lombok Barat).
Wabup menyatakan pengoperasian MV Datu Seran, tidak hanya akan menjadi kebanggaan masyarakat Sumbawa Barat, tetapi juga akan menjadi salah satu solusi untuk percepatan pembangunan khususnya dibidang pariwisata dan memperlancar arus transportasi masyarakat.
“Dengan beroperasinya MV Datu Seran masyarakat akan punya pilihan transportasi alternatif, termasuk bagi para wisatawan,” ujarnya.
Wabup mengakui selama ini salah satu kendala dalam pengembangan pariwisata di Sumbawa Barat adalah transportasi yang terbatas. Wisatawan dan investor yang berniat berinvestasi di daerah ini, sering kali mengeluhkan jauhnya jarak yang harus ditempuh lewat darat.
“Waktu tempuh MV Datu Seran menuju Labuhan Haji - Senggigi maupun Labuhan Badas  dan Calabai jauh lebih singkat dibandingkan jika ditempuh lewat darat,” sebutnya.
Selain berupaya segera mengoperasikan MV Datu Seran, Pemda Sumbawa Barat,saat ini juga sedang mengupayakan pengoperasian Bandar Udara Sekongkang melalui mekanisme hibah ke Kementerian Perhubungan. Rencananya Kemenhub akan mengalokasikan anggaran untuk melengkapi fasilitas penunjang bandara sebelum nantinya bandara tersebut akan dioperasionalkan langsung oleh Kemenhub.
“Prosesnya (hibah) sudah berjalan. Kita sudah melengkapi dokumen administrasi yang dibutuhkan. Ini merupakan upaya agar bandara itu segera bisa dioperasikan guna menunjang pengembangan wilayah dan pembangunan di berbagai sektor,” Pungkas Wabup.(EZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com