Ini Dia Kasat Lantas Perempuan Pertama di Polres KSB - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Rabu, 24 Agustus 2016

Ini Dia Kasat Lantas Perempuan Pertama di Polres KSB

Iptu. Tira Karista
Sumbawa Barat (SumbawaKini) – Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Sumbawa Barat, memiliki kepala satuan baru. Yang menarik, jika sebelumnya semua Kasatlantas dijabat oleh perwira laki-laki, Kasatlantas Polres KSB yang baru ini adalah perempuan. Dia adalah Iptu Tira Karista S.Ik.

Iptu Tira melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) sebagai Kasatlantas dalam upacara yang digelar di halaman Mapolres Sumbawa Barat, Rabu pagi (24/8). Ia sekaligus menjadi perwira wanita pertama yang bertugas dan memegang jabatan Kasat di Mapolres Sumbawa Barat.

Kepada Wartawan Rabu, Iptu Tira menyatakan dirinya telah merancang program edukasi tertib berlalu lintas kepada masyarakat. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas dan mengurangi angka pelanggaran lalu lintas yang sangat tinggi. “Pola edukasi penting dilakukan untuk menggali kembali kesadaran masyarakat terhadap tertib berlalu lintas. Sasaran program edukasi ini khususnya bagi kalangan pelajar,” katanya.

Menurutnya, pelajar tingkat SMP dan SMA menjadi sasaran utama program edukasi tersebut, karena berdasarkan hasil survey, pengguna terbanyak kendaraan roda dua adalah kalangan pelajar. Ironisnya, kondisi ini tidak diimbangi dengan tingkat kesadaran berlalulintas yang baik, termasuk kesadaran untuk melengkapi diri dengan Surat Ijin Mengemudi (SIM).
“Hanya sebagian kecil dari kalangan pelajar yang mendominasi penggunaan kendaraan roda dua itu yang memiliki SIM dan angka kecelakaan lalu lintas yang dialami juga tergolong cukup tinggi,” ungkapnya.

Program edukasi, sambung Iptu Tira, merupakan prioritas untuk dilaksanakan. Setelah program itu dilaksanakan, tetapi masih banyak masyarakat yang melakukan pelanggaran, baru pihaknya akan melakukan upaya penegakan hukum.
“Langkah preventif dengan sosialisasi serta edukasi adalah upaya pertama. Penegakan hukum merupakan upaya terakhir. Karena yang terpenting ditumbuhkan adalah kesadaran bahwa ketertiban dan keselamatan berlalu lintas merupakan tanggungjawab bersama,” pungkasnya.
Selamat bertugas Iptu Tira.(EZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com