BPMPD KSB Optimis Gelar Pilkades Serentak - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 09 Agustus 2016

BPMPD KSB Optimis Gelar Pilkades Serentak



Taliwang, Sumbawakini.com - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa  (BPMPD) Kabupaten Sumbawa Barat tetap optimis pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan diselenggarakan pada tahun 2016 ini.

Kepala Bidang Pemerintah Desa, Abdul Muis , S. Sos , M.Si kepada Sumbawakini.com menyatakan  tidak ada kendala yang urgensi terkait pelaksanaan Pilkades serentak tersebut  karena Peraturan Daerah (Perda) tentang Pilkades sudah final meski saat ini masih dalam  proses evaluasi di biro hukum Pemerintah Provinsi NTB.

Abdul Muis mengakui, adanya pengunduran pelaksanaan Pilkades yang tadinya bulan oktober mundur ke bulan Nopember.  " Pilkada kemungkinan mundur satu bulan,” ujarnya.

Dijelaskannya, Pelaksanaan Pilkades serentak tersebut merupakan amanat dari Undang_ Undang Nomor 6 Tahun 2014 yang diperkuat dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri  (Permendagri)  112  tentang Pemiliha Kepala Desa.

Diakuinya, saat ini memang pihaknya telah mengelar Rapat Dengar Pendapat ( RDP ) dengan DPRD KSB Komisi II untuk membicarakan  kendala dalam proses evaluasi Perda Pilkades tersebut.
" Kami sudah menggelar rapat dengan pendapat  dengan Komisi II terkait evaluasi perda tersebut. , dan kami sudah menyampaikan bahwa  semuanya akan tuntas dalam waktu tidak terlalu lama,” ujar Muis

Disinggung adanya rekomendasi pansus Raperda yang tidak terakomodir dalam Perda Pilkades tersebut, dibantah oleh Muis. Menurutnya  tidak ada yang tidak di akomodir, hanya saja rekomendasi pansus tersebut juga di evaluasi oleh Provinsi sehingga ada perubahan-perubahan  dalam proses penyusunannya. " Jadi tidak ada yang tidak terakomodir,” sebutnya. 

Lebih lanjut Muis mengatakan,  proses registrasi penomoran Perda Pilkades tersebut masih dalam proses penyelesaian,  sehingga memerluka waktu beberapa hari untuk perampungannya. " Hari Kamis mendatang akan kami ke Pemprov  menuntaskan proses registrasi penomoran perda tersebut,  ucapnya  (SK-Dbi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com