APBD Defisit, Pemda Jamin Program Pemberdayaan Masyarakat Tetap Jalan - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Rabu, 24 Agustus 2016

APBD Defisit, Pemda Jamin Program Pemberdayaan Masyarakat Tetap Jalan

Sumbawa Barat (SumbawaKini) – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Sumbawa Barat, menjamin seluruh program pemberdayaan masyarakat dan program bedah rumah tidak layak huni tidak akan terpengaruh meski terjadi defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) mencapai Rp 230 miliyar.
Abdul Aziz, Ketua TAPD KSB
“Semua program pemberdayaan masyarakat termasuk program bedah rumah yang telah dianggarkan di APBD 2016 ini tetap dilaksanakan, tidak ada perubahan,” ungkap Ketua TAPD, Abdul Aziz, Rabu.

Diakuinya, defisit anggaran daerah yang terjadi secara nasional akibat perubahan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Dana Bagi Hasil (DBH) itu, mengharuskan Pemda melakukan penyesuaian. Tapi penyesuaian itu hanya dilakukan terhadap belanja – belanja yang tidak terkait dengan program pemberdayaan seperti belanja kendaraan dinas dan pembebasan lahan.
“Tidak kita ganggu. Pemda menjamin seluruh program pemberdayaan tetap tidak berubah. Sudah ada mekanisme yang kita siapkan,” timpal Aziz.

Pemda Sumbawa Barat dalam APBD Perubahan tahun 2016 menganggarkan sekitar Rp 100 miliyar untuk program pemberdayaan masyarakat yang meliputi program bantuan bibit ternak, bantuan Usaha Kecil Mandiri (UKM), bantuan perahu dan mesin serta alat tangkap untuk nelayan (kartu bariri).  

Selain itu ada juga program santunan bagi penyandang cacat dan lanjut usia (Lansia), program subsidi BPJS kesehatan dan program bedah rumah tidak layak huni terhadap 1.000 unit rumah milik keluarga tidak mampu yang saat ini sedang dalam proses validasi data penerima. “Semua program yang menyangkut hak – hak dasar masyarakat tetap berjalan,” tambah Kabag Humas, M Endang Arianto yang mendampingi Ketua TAPD.(EZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com