Philmar Alipayo Dari Filipina Juara ASC Di Sumbawa Barat - Sumbawa Kini

Breaking News

Home Top Ad

Space Available (1170 x 250)

Selasa, 26 Juli 2016

Philmar Alipayo Dari Filipina Juara ASC Di Sumbawa Barat

philmarSumbawaKini.com -- Sumbawa Barat--Surfer asal Filipina, Philmar Alipayo sukses menjuarai Asian Surfing Championship (ASC) Pro 2016 untuk kategori Pria, yang berlangsung di Pantai Balas Maluk Sumbawa Barat.
Philmar Alipoyo, merebut kemenangan didetik-detik terakhir dari 30 menit finale ke 4 ASC Pro dengan skor 10 point, dan mengunci kemenangan atas Surfer asal Bali, Mega Semadhi.
Surfer asal Filipina ini mengaku, jika event ini merupakan ASC tur pertamanya, dan iapun membawa pulang pedang traditional Sumbawa Barat yang indah dan uang tunai Rp 20 juta (sekitar $ 1.600 USD) sebagai hadiah.
Surfer asal Filipina, Philmar Alipayo
"Ini adalah pertama kalinya saya datang ke Indonesia, dan saya telah bermimpi tentang hal itu sejak saya mulai berselancar, sehingga untuk datang ke sini dan menang... saya sangat senang," Kata Alipayo, sembari meneteskan air mata gembira karena terharu.
Alipayo berasal dari pulau Siargao Filipina, sebuah daerah tempat berselancar terkenal di dunia, Ia menilai berselancar di Sumbawa Barat sangat luar biasa karena memiliki gelombang terbaik.
“ Awalnya saya tidak menyangka akan menang, saya hanya berpikir bisa datang kesini (Sumbawa Barat-red), bisa menikmati ombak dan tempat indah ini. Sebelumnya saya hanya pernah berkompetisi di tingkat local, sementara untuk ikut kesini cukup mahal perjalanan dari Filipina, namun saya senang dapat melakukan perjalanan ini dan mengikuti kontes dan menang, "jelasnya.
Runner Up ASC Sumbawa Barat 2016, Mega Semadhi mengaku puas dengan hasil ini, ia mengaku sebelumnya sempat cedera dibabak semifinal, namun hasil ini membuatnya bisa tersenyum.
" Aku hampir tidak masuk dalam kompetisi ini, karena kaki bengkak, namun melihat supersuck benar-benar memicu saya untuk ikut kompetisi, Luar biasa saya akan kembali ke sini untuk berselancar, “ katanya.
Mega Semadhi adalah Peselancar asal Bukit Peninsula di Bali, ia telah memenangkan seri ISC (Indonesia Surfing Championship) Piala Padang-Padang, di  ASC ini sebagai runner up dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp. 10 juta.
Kompetisi ASC 2016 di Sumbawa Barat ini berlangsung selama empat hari, event ini diikuti 8 peselancar wanita asal Australia, Jepang, Indonesia, dan Taiwan. Sementara untuk peserta Pria sebanyak 48 Surfer, mereka diantaranya berasal dari Australia, Indonesia, Filipina, Taiwan, dan Jepang.
Peselancar wanita asal Australia, Claire Bevilacqua,  yang pernah mengikuti World Tour surfer, dan menang di ASC Sumbawa Barat ini menilai, berselancar di Sumbawa Barat sangat indah.
“ Sumbawa Barat benar-benar indah sejak hari pertama kami disini sangat senang, Ini jelas tempat favorit baru saya baru di Indonesia pasti, saya akan kesini lagi," kata Bevilacqua.
Sementara itu, dalam acara penutupan ASC, Rabu (20/7/16) kemarin, SR PT. Newmont Nusa Tenggara, Wahid dalam sambutannya mengatakan, sebagai sponsor PT. NNT sangat puas karena event ini sukses, kedepan menurutnya PT. NNT siap melanjutkan ke event berskala dunia.
"Event ini sukses, jadi kami ingin melanjutkan dan meningkatkan ke tingkat internasional tahun depan. Kami di PT NNT mendukung pemerintah karena pariwisata sangat penting untuk daerah ini dari Sumbawa Barat, dan bersama-sama dengan pemerintah kita ingin menjamin masa depan daerah ini dengan membantu mempromosikannya. " ujar Wahid.
ASC Sumbawa Barat Pro 2016 merupakan bagian dari Festival Sumbawa Barat 2016, selain Surfing Festival Sumbawa Barat juga menampilkan, kesenian budaya tradisional, parade band, pertunjukan musik live setiap malam, turnamen voli pantai, dan kontes fotografi.
Event ini disponsori oleh PT Newmont Nusa Tenggara, Pemerintah Sumbawa Barat, Indonesia Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wonderful Indonesia, Pemerintah Nusa Tenggara Barat, Bank NTB, Pesona Lombok Sumbawa, dan Media Kabar NTB, yang diselenggarakan oleh Lensa Pulau Sumbawa dengan Boardriders Sumbawa Barat, dan disetujui oleh Surfing Championships Asia.(SK1)
Ini Hasil Lengkap ASC Sumbawa Barat 2016 :
 Pria
  1. Philmar Alipayo (PHP)
  2. Mega Semadhi (IDN)
  3. Adi Putra (IDN)
  4. Dede Suryana (IDN)
Wanita
  1. Claire Bevilacqua (AUS)
  2. Denver Muda (AUS)
  3. Kailani Johnson (IND)
  4. Puanani Johnson (IND)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi SUMBAWA KINI menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di www.sumbawakini.com . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi SUMBAWA KINI akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.sumbawakini.com